Tips Membuat Pembuka Novel Menarik

Salah satu jenis naskah yang sering dijumpai di tempat jasa cetak buku adalah novel. Tidak sedikit penulis menjadikannya sebagai pilihan utama ketika hendak menulis. Lantas bagaimana sebenarnya cara membuat bagian pembuka agar terlihat menarik oleh pembaca?

Tips Membuat Pembuka Novel Menarik

Banyak penulis mengaku jika mengawali sebuah tulisan menjadi langkah yang paling sulit termasuk juga membuat bagian pembuka pada novel. Bagi Anda jika  masih kebingungan dalam menyusunnya, berikut ini ada tips mudahnya:

  1. Menggambarkan Secara Garis Besar

Tanpa  harus menjelaskan terlalu banyak detail cerita apalagi sampai menulis bagian spoiler, Anda harus bisa membuat pembuka novel melalui garis besarnya saja. Jangan biarkan pembaca tahu arah cerita mulai dari tempat, waktu hingga karakter tokoh utamanya.

Saat menulis bagian pembuka novel ini, Anda cukup menceritakan secukupnya saja tanpa menyebutkan secara detail. Tujuannya agar para pembaca mulai berimajinasi sendiri dan membayangkan adegan pertam sehingga semakin merasa penasaran.

  1. Memperkenalkan Tokoh Protagonis

Sebelum membaca sebuah novel secara utuh, pembaca membutuhkan sesuatu yang bisa membuat mereka merasa simpati pada karakter utama. Apabila Anda tidak ingin memberi tahu langsung, maka cukup sampaikan sesuatu relatable dengan tokoh protagonist tersebut.

Intinya, Anda harus bisa membuat sebuah ikatan antara tokoh protagonist dengan pembaca. Tujuannya agar mereka dapat membayangkan bagaimana penampilannya sehingga akan lebih mudah untuk melanjutkan pembacaan novel hingga selesai.

  1. Menunjukkan Sudut Pandang yang Jelas

Hal ini penting karena sudut pandang akan menunjukkan inti dari cerita sebuah novel. Anda harus memilih karakter sebagai tokoh utama dalam bagian pembukanya. Pastikan memiliki hubungan emosional kuat dengan keseluruhan isi cerita.

Sebelum Anda pergi ke tempat cetak buku, pahami bahwa pemilihan karakter ini pun sebenarnya tidak harus yang mudah disukai oleh seluruh pembaca. Asalkan membuat mereka penasaran dan ikut emosi menunjukkan bahwa cara menulis pun sudah dianggap menarik.

Ketiga tips di atas bisa Anda lakukan ketika hendak membuat bagian pembuka pada sebuah novel. Tidak hanya mempersiapkan naskah secara utuh saja namun juga perhatikan bagian-bagian detail seperti ini sebelum ke jasa cetak buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *