21 Manfaat Pisang Ambon Yg Honestdocs

Dipublish lepas: Feb 22, 2019Update terakhir: Okt 12, 2020Tinjau dalam Jun 13, 2019Waktu baca: 9 mnt

Siapa sih yg tidak kenal pisang ambon. Rasanya yang manis nan gurih menjadi daya pikat yg begitu menggoda kita buat menikmati kelezatannya. Meski seringkali dikonsumsi, sayangnya manfaat pisang ambon terutama bagi kesehatan kurang begitu disadari.

Untuk itu, ayo ketahui lebih jauh tentang aneka macam nutrisi dan manfaat pisang ambon bagi kesehatan. Mungkin saja, setelah mengetahui aneka macam nutrisi & manfaatnya, kita seluruh akan semakin terpikat buat terus menikmati kelezatan buah ini setiap hari.

Iklan menurut HonestDocsBeli Vitamin & Suplemen via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nilai Gizi & Kandungan Pisang Ambon

Buah bernama latin ini kaya akan berbagai nutrisi krusial misalnya vitamin C yg membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, vitamin B yg berperan dalam membantu menjaga kesehatan jantung & fungsi otak, serta kaya akan mineral yang sangat krusial bagi kesehatan tulang & organ tubuh secara holistik.

Dalam 100 gram pisang ambon, terkandung  zat-zat gizi sebagai berikut (Sumber: USDA National Nutrient data base):

Kandungan

Nilai Gizi

Persentase RDA

Energi

89 Kcal

4,lima%

Karbohidrat

22,84 g

18%

Protein

1.09g

2%

Lemak total

0,33 g

1%

Kolesterol

0 mg

0%

Serat makanan

dua,60 g

7%

Vitamin

Folat

20 mcg

lima%

Niasin

0,665 mg

4%

Asam pantotenat

0,334 mg

7%

Piridoksin

0,367 mg

28%

Riboflavin

0,073 mg

lima%

Thiamin

0,031 mg

2%

Vitamin A

64 IU

dua%

Vitamin C

8,7 mg

15%

Vitamin E

0,10 mg

1%

Vitamin K

0,lima mcg

1%

Elektrolit

Sodium

1 mg

0%

Kalium

358 mg

8%

Mineral

Kalsium

lima mg

0,lima%

Tembaga

0,078 mg

8%

Besi

0,26 mg

2%

Magnesium

27 mg

7%

Mangan

0,270 mg

13%

Fosfor

22 mg

3%

Selenium

1,0 mcg

dua%

Seng

0,15 mg

1%

Phyto-nutrient

Karoten-?

25 mcg

Carotene-?

26 mcg

Lutein-zeaxanthin

22 mcg

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Dengan berbagai nutrisi didalamnya, telah barang tentu berakibat pisang ambon memiliki aneka macam manfaat yang tak perlu diragukan lagi khasiatnya. Khusus buat pisang ambon, akan tidak selaras menggunakan manfaat pisang secara umum.

Berikut manfaat pisang ambon yang baik buat kesehatan:

1. Membantu Mengembangkan Resistensi terhadap Agen Infeksius

Pisang ambon dikemas dengan kandungan vitamin C yg cukup tinggi, lebih kurang 8,7 mg/100 gr. Vitamin C dalam pisang ambon ini bisa membantu tubuh membuatkan resistensi terhadap agen infeksius sekaligus bertindak sebagai antioksidan yg dapat menangkal banyak sekali imbas buruk berdasarkan radikal bebas.

dua. Mendorong Detak Jantung yang Sehat

Seperti dalam jenis butir pisang lainnya, pisang ambon pula tentunya kaya akan potasium. Dalam 100 gram pisang ambon terkandung 358 mg potasium, yg menjadikannya sebagai salahsatu makanan asal potasium terbaik.

Iklan berdasarkan HonestDocsBeli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Mineral ini berperan penting dalam membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Selain itu, potasium juga membantu otot saraf supaya selalu bekerja menggunakan optimal dan membantu kerja ginjal pada menyaring darah.

Kekurangan potasium memiliki konsekuensi besardalam fungsi tubuh secara holistik. Untuk itu, petiklah manfaat pisang ambon ini guna melengkapi kebutuhan akan potasium sehari-hari.

3. Baik buat Pencernaan

Manfaat pisang ambon ini ditenggarai berkat pati tahan cerna (resistant starch) yang terkandung didalamnya. Pati tahan cerna merupakan bagian dari pati yg resisten terhadap hidrolisis enzim pencernaan amilase yang membuatnya sulit dicerna di pada usus halus.

Di pada kolon, fraksi pati ini lalu akan pada fermentasi sang bakteri usus yg menghasilkan pembentukan asam lemak rantai pendek yang disebut menggunakan butirat atau butanoat.

Butirat ini berperan krusial buat menjaga kesehatan usus. Bersama dengan serat lain misalnya pektin, kombinasi keduanya bisa memoderasi kenaikan gula darah selesainya makan. Itulah mengapa, pisang ambon acap kali di manfaatkan sebagai makanan pencuci ekspresi.

4. Berperan Dalam Perkembangan Fungsi Otak

Pisang ambon kaya akan vitamin B6 (piridoksin). Dengan mengonsumsi satu butir pisang ambon ukuran sedang, bisa mencukupi 33% berdasarkan total kebutuhan harian akan vitamin B6 yg dianjurkan.

Iklan menurut HonestDocsBeli Vitamin & Suplemen via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Piridoksin sendiri adalah vitamin B kompleks yg berperan krusial dalam menjaga kesehatan jantung, sistem pencernaan & kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini jua dibutuhkan buat perkembangan fungsi otak & bekerja bersama-sama dengan hormon norepinefrin & serotonin dalam memengaruhi mood atau suasana hati.

lima. Baik buat Kesehatan Tulang

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa pisang ambon kaya akan mineral, salahsatunya mineral tembaga. Sekitar 50% berdasarkan kandungan tembaga pada tubuh ditemukan pada tulang dan otot.

Mineral ini diharapkan pada pembentukan kolagen yang akan mempercepat penyerapan zat besi & meningkatkan tenaga. Kekurangan mineral tembaga dalam tubuh dapat mempertinggi risiko yg terkait menggunakan kesehatan tulang seperti rheumatoid arthritis & osteoporosis.

Tentunya kita semua sangat mendambakan tulang yang sehat meski sudah lanjut usia bukan. Untuk itu, mulailah rutin mengonsumsi pisang ambon dan rasakan manfaat pisang ambon bagi kesehatan tulang kita kelak.

6. Meningkatkan Sistem Metabolik

Manfaat pisang ambon semakin lengkap berkat kehadiran mangan didalamnya. Mangan membantu penyerapan aneka macam vitamin dan mineral krusial, misalnya vitamin E, vitamin B jua magnesium.

Mangan pula bertindak menjadi co-factor penting pada banyak sekali reaksi enzimatik yang merangsang kegiatan metabolik pada tubuh.

Sistem metabolik yang cepat berbanding lurus dengan meningkatnya pembakaran kalori pada tubuh. Jadi, sertakan pisang ambon dalam menu kuliner Anda demi memaksimalkan pembakaran kalori pada tubuh.

7. Meningkatkan Kadar Dopamine

Pisang ambon termasuk keliru satu jenis kuliner yg bisa membantu menaikkan kadar dopamine secara alami. Dopamine merupakan salahsatu neurotransmitter paling krusial yang membantu pengiriman pesan pada otak.

Pelepasan dopamine berdasarkan otak akan menciptakan perasaan gembira, motivasi & percaya diri. Ketika seorang jatuh cinta, hormon inilah yg bertanggung jawab didalamnya. Membuat seorang tergila-gila bahkan rela melakukan apapun demi pasangan yg dicintainya.

Nah, agar hari-hari terasa lebih menyenangkan, tidak ada salahnya buat menikmati manfaat pisang ambon yg begitu memikat ini.

8. Membantu Melindungi Tubuh berdasarkan Racun & Logam Berbahaya

Selain teh, ternyata pisang ambon juga mengandung katekin, suatu senyawa yg memiliki kegiatan antioksidan. Kehadiran katekin pada tubuh erat kaitannya menggunakan aneka macam manfaat kesehatan, terutama penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Aktivitas antioksidan dalam katekin dalam pisang ambon jua sanggup menggelontorkan zat-zat beracun bersama logam berbahaya menurut dalam tubuh seperti kadmium, krom, & merkuri.

Nampaknya, menikmati secangkir teh beserta dengan satu atau 2 butir pisang ambon pada pagi hari bisa dijadikan kebiasaan baik yang harus segera diterapkan.

9. Baik buat Kesehatan Jantung

Menurut National Academy of Sciences, diet rendah natrium dan kaya potasium dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke yang sudah usang sebagai pembunuh angka wahid pada global.

Pisang termasuk pisang ambon, dilimpahkan menggunakan banyak sekali mineral yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Ditambah dengan kandungan omega 3, fitosterol, & lutein yg dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh semakin mengakibatkan pisang ambon primadona untuk menjaga kesehatan jantung.

10. Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *