19 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

HomeInfo SehatBelasan Manfaat pada Buah PisangBelasan Manfaat dalam Buah Pisang

Manfaat buah pisang buat kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Buah berkulit kuning ini generik dikonsumsi di Indonesia, baik secara pribadi juga diolah sebagai sajian eksklusif.

Memiliki nama latin Musa acuminate, butir pisang kaya akan gizi sebagai akibatnya khasiatnya bagi tubuh pula sangat beragam. 

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, berikut adalah beberapa manfaat pisang yg mampu Anda rasakan:

1. Tekanan Darah Stabil

Pisang terkenal akan kandungan kaliumnya yg tinggi. Penelitian pada Hypertension Institute, Amerika Serikat, menyatakan bahwa kalium berperan penting pada mengelola tekanan darah yg sehat. Karena itu, makan pisang bermanfaat buat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium membantu meredakan ketegangan pembuluh darah, yg sebagai penyebab tekanan darah meningkat

Kandungan serat pada pisang juga membantu mengikis kolesterol jahat (LDL) sehingga turut menurunkan risiko stroke & agresi jantung.

Artikel Lainnya: Kapan Waktu yg Tepat buat Makan Pisang?dua. Menjaga Kesehatan GinjalMenjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat pisang bagi tubuh berikutnya merupakan menjaga ginjal. Kandungan kalium pada pisang dinilai baik buat menjaga kesehatan ginjal. Faktanya, seorang wanita yang mengonsumsi 2-3 butir pisang dalam seminggu memiliki risiko penyakit ginjal 33 % lebih rendah. 

Apabila Anda mengonsumsi buah pisang sebanyak 4 sampai 6 dalam satu minggu, risiko penyakit ginjal bisa berkurang sampai 50 persen.

tiga. Mengontrol Gula Darah

Seperti buah pada biasanya, pisang mempunyai kadar indeks glikemik rendah. Ini ialah, gula alami dari pisang akan dilepas secara perlahan ke pada darah. Dengan begitu, mengontrol kadar gula darah dan mencegahnya mendadak tinggi pun sebagai salahsatu khasiat pisang. 

Selain itu, pisang pula dapat membantu menaikkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

4. Kenyang Lebih Lama

Manfaat makan pisang selanjutnya adalah menciptakan Anda kenyang lebih usang. Ini diperoleh menurut kandungan serat di dalam pisang yg bisa memperlambat pengosongan lambung.

Lantaran kenyang lebih lama, impian buat mengonsumsi kudapan secara hiperbola bisa diminimalkan.

Perlu diketahui, pisang yang berwarna kehijauan atau belum matang mengandung lebih banyak serat pati.

lima. Menurunkan Berat Badan

Manfaat butir pisang buat membantu menurunkan berat badan mungkin sudah diketahui banyak orang. Kandungan serat yang tinggi pada pisang akan membuat Anda kenyang lebih usang, sehingga dapat mengendalikan nafsu makan. 

Artikel Lainnya: Ngemil Pisang Goreng, Bermanfaatkah Bagi Kesehatan?

Selain itu, penelitian memperlihatkan bahwa serat pektin yang terkandung dalam pisang bisa membatasi penyerapan lemak pada sel. Kandungan magnesiumnya jua membantu pemecahan sel lemak dalam tubuh.

Semua itu dapat membantu menurunkan berat badan, khususnya bila dikombinasikan dengan penerapan pola makan & gaya hayati sehat, serta olahraga teratur.6. Menghalau Penuaan DiniMenghalau Penuaan Dini

Salah satu ketakutan terbesar perempuanmerupakan penuaan dini, yang ditandai menggunakan kulit kusam, flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit yang mengendur.

Jangan khawatir, rajin-rajinlah konsumsi pisang. Lantaran satu buah pisang mengandung vitamin C & B6, yang adalah antioksidan sehingga dapat menolong kulit terhindar dari indikasi-indikasi penuaan dini.

7. Memelihara Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan, seperti vitamin A, C, E, & karotenoid dalam pisang dapat melindungi dan memperbaiki sel yang rusak. Vitamin A & C adalah gizi penting bagi mata maupun kulit. 

Selain itu, kandungan lutein pada pisang bisa menurunkan risiko degenerasi makula.

8. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Saluran cerna Anda sanggup lebih sehat berkat makan pisang setiap hari. Hal ini lantaran kandungan prebiotik pada butir pisang.

Prebiotik merupakan ‘kuliner’ untuk bakteri baik pada usus yg bersumber berdasarkan karbohidrat kompleks dalam pisang, yaitu fruktooligosakarida.

Artikel Lainnya: Apakah Pisang Kerok Aman buat si Kecil?9. Membantu DetoksifikasiMembantu Detoksifikasi

Ternyata, makan pisang jua bermanfaat buat detoksifikasi alias mengeluarkan racun dari tubuh. Ini lantaran kandungan pektin yang terdapat pada pisang.

Menurut studi berdasarkan Forsch Komplementärmed, kandungan pektin dalam pisang terbukti dapat membuang kandungan merkuri melalui urine.

10. Baik untuk Kesehatan Tulang

Menurut studi menurut The American Journal of Clinical Nutrition, prebiotik fruktooligosakarida yang terkandung pada pisang akan terfermentasi dalam saluran pencernaan & menaikkan kemampuan penyerapan kalsium.

Oleh karenanya, khasiat buah pisang buat kesehatan tulang Anda tak perlu diragukan lagi.

11. Mencegah Kecemasan

Asam amino triptofan dalam pisang adalah bahan pembuat hormon serotonin, yang berperan penting dalam menaikkan suasana hati.  Serotonin populer sebagai hormon yang berperan dalam perasaan damai sebagai akibatnya membantu mencegah kecemasan.

12. Mewujudkan Tidur yang Berkualitas

Triptofan yg ada dalam pisang adalah bahan produsen hormon melatonin. Hormon ini berperan dalam membentuk perasaan rileks dan mengatur pola tidur. 

Manfaat makan pisang, khususnya sebelum tidur, bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak & berkualitas.

13. Mengurangi Kram Saat Olahraga

Pisang tak jarang dijadikan butir pilihan bagi para atlet. Ini lantaran butir pisang kaya akan gizi dan dapat sebagai sumber energi yang baik. 

Manfaat lain menurut pisang bagi para atlet adalah bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit, sebagai akibatnya bisa menurunkan risiko kram saat olahraga. 

Artikel Lainnya: Berapa Jumlah Kalori pada Satu Buah Pisang?14. Mendukung Kesehatan JantungMendukung Kesehatan Jantung

Kandungan kalium (potasium) dan magnesium di pada pisang merupakan dua jenis mineral yg krusial buat menjaga kesehatan jantung Anda.

15. Sumber Antioksidan

Sebagai salahsatu jenis butir, telah nir heran bila pisang adalah asal terbaik antioksidan bagi tubuh Anda.

Beberapa jenis antioksidan yang terkandung pada dalam pisang, yaitu dopamin & katekin. Keduanya diketahui mempunyai manfaat besarbagi kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung & penyakit degeneratif (akibat penuaan).

16. Menghindari Kambuhnya Asma

Sebuah penelitian yg dilakukan pada tahun 2007 menampakan bahwa pisang dapat berguna buat mencegah wheezing pada anak dengan asma. Itu lantaran kandungan antioksidan yang terkandung pada pada pisang.

17. Mencegah Kanker

Lectin, galat satu kandungan antioksidan di dalam pisang, diduga berperan pada pencegahan pertumbuhan sel leukemia. 

Pada tahun 2004, sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin konsumsi juz pisang, jeruk, atau keduanya mempunyai risiko lebih miniterkena leukemia. 

18. Meningkatkan Daya Ingat

Pisang mengandung triptofan, galat satu jenis asam amino yang berperan akbar pada menjaga kesehatan memori. Oleh karena itu, pisang dapat berguna buat menjaga daya ingat seseorang.

Selain itu, triptofan pula berperan dalam regulasi mood atau suasana hati. Jadi, bagi Anda yang ingin menaikkan mood, makan buah pisang patut dicoba.

19. Mengatasi Nyeri Haid

Pisang kaya akan vitamin B6, sebuah vitamin yang diketahui sanggup menurunkan tanda-tanda sindrom premenstruasi. Manfaat butir pisang ini dikemukakan National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements.

Oleh karena itu, nir ada salahnya poly mengonsumsi pisang waktu Anda mengalami nyeri haid.

Manfaat pisang buat kesehatan ternyata sangat bervariasi. Bagi Anda yang ingin menikmati manfaat tersebut, pastikan untuk mengonsumsi pisang pada porsi yang sempurna setiap hari. 

Informasi menarik lainnya seputar kuliner sehat sanggup Anda peroleh dengan mengunduh pelaksanaan Klikdokter.

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *