Website Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara

Manfaat pisang bagi kesehatan tubuh telah tidak perlu diragukan lagi. Selain harganya relatif terjangkau & gampang didapatkan, rasa pisang jua enak. Buah ini memiliki segudang nutrisi yg baik dan baik untuk sistem saluran pencernaan.

Lantas, apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan?

Vitamin B6 berdasarkan pisang gampang diserap sang tubuh. Dalam satu buah pisang ukuran sedang dapat menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian. Vitamin ini berfungsi buat menghasilkan sel darah merah, mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi, metabolisme asam amino, dan membantu membersihkan ginjal dan hati berdasarkan senyawa berbahaya.

Manfaat pisang bagi kesehatan yg cukup krusial merupakan menjadi sumber vitamin C. Satu butir pisang berukuran sedang menyediakan kurang lebih 10% dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C berfungsi buat melindungi tubuh berdasarkan kerusakan sel & jaringan, penyerapan zat besi, membantu produksi kolagen, dan kesehatan otak.

Manfaat buah pisang juga sangat baik buat kesehatan kulit. Ini lantaran pisang kaya akan mineral mangan. Satu pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 13% menurut kebutuhan mangan harian. Mangan membantu tubuh menciptakan kolagen & melindungi kulit serta sel lain menurut kerusakan akibat radikal bebas.

Kalium pada pisang baik buat kesehatan jantung & tekanan darah. Pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 320-400 mg kalium, yang memenuhi kurang lebih 10% berdasarkan kebutuhan kalium harian. Kalium membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu, pisang pula rendah sodium. Kombinasi natrium rendah & kalium tinggi membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Mengatasi perkara pencernaan

Dalam beberapa penelitian menemukan manfaat butir pisang bagi pencernaan. Ini lantaran pisang adalah buah yang kaya serat, sesuatu yang sangat diperlukan bagi kesehatan saluran usus. Pisang berukuran sedang menyediakan lebih kurang 10-12% berdasarkan kebutuhan serat harian. Sangat direkomendasikan asupan serat kuliner harian 20 gram buat wanita & 26 gram buat laki-laki . Serat larut dan nir larut berperan krusial pada kesehatan. Serat larut membantu tubuh mengontrol kadar gula darah dan membuang zat berlemak seperti kolesterol. Serat tidak larut menambah berat dan kelembutan dalam tinja, sehingga memudahkan tubuh buat buang air besarsecara teratur. Ini membantu menjaga usus permanen sehat & aman dari bakteri berbahaya.

Manfaat buah pisang selanjutnya yakni menjadi asal tenaga tubuh. Pisang mengandung tiga gula alami sukrosa, fruktosa & glukosa. Jenis gula alami ini memberi tubuh sumber tenaga yg bebas lemak & kolesterol. Oleh karena itu, pisang sangat ideal, terutama buat anak-anak & atlet, untuk sarapan, menjadi makanan ringan siang hari, atau sebelum dan sesudah olahraga. Itulah beberapa manfaat pisang yang sudah terbukti bagi kesehatan tubuh, termasuk manfaat buah pisang bagi pencernaan.(nf)

sumber : https://kesehatan.kontan.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *