8 Manfaat Buah Pisang, Kandungan & Pengaruh Sampingnya Untuk Kesehatan

© Disediakan sang Katadata

Buah pisang merupakan komoditas yg populer pada seluruh global. Ekspor pisang dunia mencapai lebih kurang 24,lima juta ton pada tahun 2020, dari laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sekitar setengah dari jumlah tadi diimpor oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi pisang di Indonesia mencapai 8,18 juta ton pada 2020. Potensi tujuan ekspor pisang Indonesia adalah Jepang, Timur Tengah, Malaysia, Korea, Belanda, Tiongkok, & Australia. Nilai ekspor terbesar adalah pengiriman ke Jepang, yaitu sebanyak US$1,348 juta dalam tahun 2020.

Sekitar 150 negara menanam hampir 1.000 varietas pisang. Tanaman pisang tumbuh di wilayah tropis dan subtropis di seluruh global. Buahnya bervariasi dalam berukuran, warna dan tekstur. Tetapi, umumnya pisang berbentuk memanjang & melengkung menggunakan rona hijau atau kuning.

Konsumsi pisang dapat membawa sejumlah manfaat untuk kesehatan. Menurut data United States Department of Agriculture, kandungan pisang per 100 gram terdiri menurut: Kalori: 89. Air: 75%. Protein: 1,1 gram. Karbohidrat: 22,8 gr. Gula: 12,dua gr. Serat: 2,6 gram. Lemak: 0,tiga gr.

Manfaat buah pisang buat kesehatan merupakan sebagai berikut. 1. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat buah pisang bisa menaikkan kesehatan mental. Menurut pakar gizi Laura Flores dalam Livescience.com, pisang dapat membantu mengatasi depresi lantaran tingkat triptofan yang tinggi.

Kandungan triptofan akan diubah tubuh sebagai serotonin, yaitu neurotransmiter otak yg mempertinggi suasana hati. Triptofan adalah asam amino esensial yg dipakai tubuh buat membantu memproduksi serotonin dan melatonin.2. Membantu meredakan asma

Manfaat butir pisang buat meredakan asma telah diteliti dalam European Respiratory Journal. Studi menampakan bahwa makan pisang bisa membantu mencegah sesak napas dalam anak-anak dengan asma.

Salah satu alasannya adalah kandungan antioksidan & potasium pisang. Menurut studi, pisang kaya akan antioksidan dan potasium yang membantu mengurangi mengi pada anak-anak yg menderita asma & menaikkan fungsi paru-paru mereka.

Namun, penelitian lebih lanjut diharapkan buat mengonfirmasi temuan ini.tiga. Mendukung kesehatan pencernaan

Mendukung kesehatan pencernaan adalah manfaat butir pisang yg diteliti pada sebuah tinjauan tahun 2017 dalam Nutrition Bulletin. Studi menemukan bahwa pati resisten pada pisang bisa mendukung kesehatan usus.

Selain itu, pisang mengandung serat yg tinggi sebagai akibatnya membantu menaikkan perasaan kenyang & mengurangi kembung. Pati resisten pada pisang jua mempunyai imbas prebiotik yang membantu memicu bakteri usus sehingga berguna buat kesehatan pencernaan. 4. Sumber energi baik

Konsumsi pisang setelah olahraga merupakan cara yang baik buat mengisi energi. Manfaat buah pisang dapat mengurangi peradangan & mengisi baliksimpanan glikogen otot yang hilang ketika berolahraga atau beraktivitas. Hasilnya, tubuh mengalami pemulihan lebih cepat.lima. Meningkatkan kesehatan tulang

Kalsium pada pisang nir seberapa, akan tetapi pisang dapat menaikkan kesehatan tulang. Menurut artikel tahun 2009 di Journal of Physiology and Biochemistry, pisang mengandung poly fructooligosaccharides.

Zat tersebut merupakan karbohidrat non-pencernaan yang mendorong probiotik ramah pencernaan & menaikkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Pisang jua mengandung vitamin & mineral, seperti vitamin B6, C, kalium, magnesium, tembaga, mangan, & serat. Seluruhnya bermanfaat buat kesehatan tulang. 6. Mencegah kanker

Selanjutnya, manfaat buah pisang buat mencegah kanker telah diteliti dalam jurnal Molecules. Penyelidikan laboratorium menunjukkan bahwa pisang mengandung lektin, yaitu protein yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel leukemia atau kanker darah.

Lektin bertindak sebagai antioksidan yang membantu tubuh menghilangkan radikal bebas. Jika terlalu poly radikal bebas yg menumpuk, kerusakan sel bisa terjadi sebagai akibatnya berpotensi mengakibatkan kanker.

Penelitian lain pada International Journal of Cancer menemukan bahwa wanita yg makan empat hingga enam pisang seminggu bisa mengurangi risiko terkena kanker ginjal hingga 50%. Pisang dapat membantu pada mencegah kanker ginjal lantaran tingginya tingkat senyawa fenolik antioksidan.7. Membantu mengatasi hipertensi

Menurut publikasi Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan (P2PTM Kemenkes), manfaat buah pisang membantu mengatasi hipertensi. Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur ekuilibrium cairan & elektrolit sebagai akibatnya tekanan darah tetap stabil.

Serat bahan pangan yg dikandung pisang sanggup mengikat lemak sebagai akibatnya pembentukan plak mampu dicegah. Kehadiran plak dapat menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sebagai akibatnya menyebabkan tekanan darah semakin tinggi. 8. Menurunkan berat badan

Manfaat butir pisang bisa menurunkan berat badan. P2PTM Kemenkes menyebutkan, bagi orang yg melaksanakan diet, karbohidrat kompleks yg terkandung dalam pisang nir akan menaikkan kadar glukosa secara drastis. Selain itu, pisang pula rendah lemak sehingga aman untuk peserta acara penurunan berat badan.

Di Jepang, terdapat tren diet unik memakai pisang. Orang dapat mengonsumsi minimal satu dan maksimalempat pisang buat sarapan. Selebihnya, makanan apa pun boleh buat makan siang, makan malam, & waktu camilan. Diet pisang ini diduga bisa mempertinggi pencernaan dan meningkatkan metabolisme.Efek Samping Konsumsi Pisang Berlebih

Mengutip Medicalnewstoday.com, beberapa orang harus berhati-hati buat tidak makan pisang terlalu poly lantaran mengandung potasium. Mengkonsumsi terlalu poly potasium bisa berbahaya bagi orang yang ginjalnya nir berfungsi normal. Jika ginjal nir mampu membuang kelebihan kalium berdasarkan darah, akibatnya sanggup fatal.

Terlalu poly konsumsi pisang juga bisa menyebabkan banyak kasus kesehatan, misalnya penambahan berat badan, peningkatan kadar gula dan terkadang merangsang sakit kepala dan mengantuk.

Konsumsi pisang tergantung dalam kebutuhan kalori dan nutrisi setiap orang, tidak ada batasan tertentu. Menurut Healthline, satu sampai 2 pisang per hari sudah dianggap cukup sebagai asupan harian buat orang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *