7 Manfaat Pisang Kepok Yg Sayang Buat Dilewatkan

Di balikcita rasanya yg enak, ada poly manfaat pisang kepok yg bisa Anda dapatkan. Manfaat tadi berasal dari beragam kandungan nutrisi yg ada pada dalamnya, mulai menurut vitamin, mineral, sampai antioksidan.

Pisang kepok merupakan salahsatu jenis pisang yang mudah ditemukan di Indonesia. Bagian kulitnya mempunyai tekstur yang relatif tebal, sedangkan dagingnya lebih padat & tidak semanis pisang dalam umumnya.

Oleh karenanya, pisang kepok lebih sering diolah menjadi majemuk kudapan, seperti pisang rebus, kolak pisang, pisang goreng, dan keripik pisang.Kandungan Nutrisi dalam Pisang Kepok

Sama menggunakan jenis pisang lainnya, pisang kepok juga mengandung majemuk nutrisi. Berikut ini merupakan beberapa nutrisi yg terkandung di pada pisang kepok:Karbohidrat kompleksProteinSeratMagnesiumKaliumZat besiVitamin AVitamin C

Selain itu, pisang kepok pula mengandung vitamin B6, zinc, folat, fosfor, serta majemuk antioksidan, misalnya lutein, flavonoid, saponin, & beta karoten.Manfaat Pisang Kepok buat Kesehatan

Lantaran kandungan nutrisinya yg majemuk, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh berdasarkan pisang kepok, pada antaranya:1. Melancarkan saluran pencernaan

Pisang kepok dikenal sebagai keliru satu butir yang kaya akan serat. Berkat kandungan ini, pisang kepok baik dikonsumsi buat melancarkan pencernaan & mencegah konstipasi. Kandungan serat pada pisang kepok juga mempunyai sifat prebiotik yg dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.2. Menjaga kesehatan jantung

Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat pada pisang kepok juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sementara itu, kandungan kalium pada pada pisang kepok pula mampu menurunkan tekanan darah dan menjaganya permanen stabil. Manfaat ini berakibat pisang kapok baik dikonsumsi buat mencegah hipertensi & penyakit jantung.tiga. Mengontrol gula darah

Tak hanya tinggi serat, pisang kepok jua kaya akan mineral & antioksidan. Kandungan tadi diketahui bermanfaat pada menurunkan kadar gula darah & menciptakan hormon insulin bekerja dengan lebih efektif. Dengan demikian, risiko penyakit diabetes pun akan menurun.

Tetapi, buat menerima manfaat ini, Anda disarankan buat memilih pisang kepok yang belum terlalu matang & mengolahnya dengan cara yang sehat, seperti dikukus atau dipanggang.4. Menangkal efek radikal bebas

Pisang kepok adalah galat satu jenis buah yg kaya akan antioksidan. Kandungan ini mampu menaikkan daya tahan tubuh & melindungi sel tubuh dari imbas gambaran radikal bebas yg bisa memicu majemuk penyakit, seperti kanker & penyakit degeneratif.

Kandungan antioksidan dalam pisang kepok juga bermanfaat buat meredakan peradangan dan mencegah pertumbuhan sel tumor atau kanker.lima. Meredakan morning sickness pada bunda hamil

Pada trimester pertama kehamilan, bunda hamil kerap mengalami morning sickness yang bisa menyebabkan beberapa gejala, misalnya mual, muntah, sakit kepala, dan kelelahan.

Kandungan vitamin B6 di dalam pisang kepok diketahui bisa meredakan gejala morning sickness. Namun, tak hanya dengan pisang kepok, ibu hamil jua sanggup mengatasi morning sickness dengan minum air putih yg cukup dan menghindari kuliner berlemak tinggi.6. Mencegah kurang darah

Anemia adalah kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga oksigen tidak dapat diedarkan dengan baik ke semua tubuh. Anemia acapkali kali tidak bergejala. Tetapi, apabila tidak diobati, penyakit ini lama-kelamaan mampu mengakibatkan tanda-tanda berupa gampang lelah, lemas, hingga sulit konsentrasi.

Untuk mencegah kurang darah, Anda disarankan untuk mengonsumsi kuliner yang kaya akan kandungan zat besi & folat, termasuk pisang kepok.7. Menurunkan berat badan

Sebagian orang menerka bahwa kandungan karbohidrat yang tinggi dalam pisang kepok bisa menyebabkan kenaikan berat badan, sebagai akibatnya konsumsinya tak jarang dihindari saat menjalani diet.

Padahal, jenis karbohidrat pada dalam pisang ini adalah karbohidrat kompleks yg lebih sehat dan bisa membuat Anda merasa kenyang lebih usang. Dengan demikian, Anda pun lebih mudah menurunkan berat badan tanpa rasa lapar berlebih.

Meski manfaat pisang kepok relatif poly, Anda tetap perlu memperhatikan cara membuatnya. Buah ini sebaiknya diolah menggunakan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau diolah sebagai juz atau smoothie.

Agar lebih sehat, Anda sebaiknya tidak menambahkan banyak gula atau pemanis tambahan ketika mengolah pisang kepok. Selain itu, Anda jua perlu mengonsumsi kuliner bergizi seimbang lainnya, misalnya sayuran, buat melengkapi asupan nutrisi sehari-hari.

apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat pisang kepok atau pola makan sehat yang sinkron dengan syarat kesehatanmu, jangan ragu buat berkonsultasi ke dokter.

Terakhir diperbarui: dua Februari 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *