Keistimewaan Butir Pisang Dalam Al-qur’an

KEISTIMEWAAN BUAH PISANG (Musa paradisiaca) DALAM AL-QUR’AN

                                          NAMA            : HAFID CHOIRUL ANWAR

                                           NIM                : 10620091

                                           KELAS             : BIOLOGI  C

                                           SEMESTER      : IV

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM

Pisang adalah keliru satu buah yang asal dari Asia Tenggara. Para saudagar Islam menyebarluaskan pertumbuhan tumbuhan ini hingga ke Afrika Barat, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Akhirnya tumbuhan pisang ini pun menyebar luas ke banyak sekali penjuru dunia. Indonesia merupakan negara penghasil pisang angka empat di global. Pada tahun 2004 lalu, produksi pisang Indonesia mencapai 4.874.439 ton. Namun, meskipun produksi pisang bangsa ini relatif melimpah, tingkat konsumsi pisang penduduk Indonesia masih tergolong sangat rendah. Pisang (Musa paradisiaca) yg merupakan komoditas asli Indonesia bisa dijadikan keliru satu andalan produk hortikultura yang dibutuhkan dapat bersaing dipasar bebas (Herdiansyah; 2007).Segala sesuatu yg diciptakan di dunia ini tak terdapat yang sia-sia, Tuhan pasti mempunyai maksud dan tujuan tertentu walau hal sekecil apapun. Misal misalnya tumbuhan pisang, dalam segi manfaat kandungannya bagi insan, ataupun keistimewaan lainnya yang dari Al-Qur’an sangat berguna. Sehingga akan dibahas dalam makalah ini.

Adapun rumusan masalah pada makalah ini merupakan sebagai berikut:Apakah keistimewaan tanamanpisang menurut Al-Qur’an?Apakah manfaat buah pisang dari Al-Qur’an?

1.tiga TujuanUntuk mengetahui keistimewaan tanamanpisang berdasarkan Al-Qur’an.Untuk mengetahui manfaat butir pisang berdasarkan Al-Qur’an.

Pisang adalah tanamanterna super besar, btg merupakan batang semu, permukaan batang terihat bekas pelepah daun. flora ini tidak bercabang, batangnya basah & nir mengandung lignin. pelepah daun pada tumbuhan ini menyelubungi batang. Daun pisang mempunyai bentuk daun yang memanjang, yaitu bentuk memanjang tetapi jua agak lebar dibanding dengan bentuk lanset yaitu dengan perbandingan panjang dan lebarnya merupakan 21/dua-3 : 1 (Suyanti; 2008).

Pada pohon pisang buat ujung daunnya umumnya berbentuk rompang. Daging daunnya tipis seperti kertas menggunakan pertulangan daun menyirip serta bagian atas atas & bawah daun yg licin berlapis lilin. daun dalam tumbuhan ini merupakan daun lengkap, karena mempunyai pelepah daun, tangkai daun, & helaian daun. Tangkai daun jika dipotong melintang bentuknya misalnya bulan sabit(Suyanti; 2008).

Habitus herba perennial yg besarsering menyerupai pohon, tumbuh menurut kormus yg simpodial, meninggal sehabis berbunga, dalam Ensete monokarpik sedangkan dalam Musa bertunas & pleiokarpik; flora kadang-kadang membentuk alkaloid indol, bertanin (kadang-kadang menggunakan protosianin) & menciptakan tiga-deoksiantosianin namun miskin akan flavonoid, kantung rafida pada semua bagian; btg lunak disokong terutama oleh pelepah-pelepah daun; latisifer tersebar, sel silica berisi badan silica, pelepah saling menutup dan saling menekan membangun btg semu dimana berdasarkan puncaknya keluar petioles yg panjang, lamina melebar menggunakan urat daun pinnatus yang paralel satu sama lain, menggulung waktu belia(Dasuki; 1991).

            Sumbu perbungaan ada menurut kormus, tumbuh ke atas melewati tabung yang dibentuk oleh pelepah-pelepah daun & keluar menurut zenit, biasanya membelok ke satu arah atau terkulai; membawa braktea-braktea yang akbar menciptakan perahu, tersusun spiral; setiap braktea membungkus bunga-bunga yg tersusun pada simosa monokhasium; brektea-braktea yang tersusun rapat tersebut membuka pada saat antesis; setiap bunga epiginus, zigomorf, bernektar, uniseksual, bunga-bunga betina terletak di sebelah bawah (namun karena perbungaan sebagai terkulai maka letaknya sebagai pada sebelah atas); tepal 6, dakam 2 bulat namun 3 sepal & petal manunggal sedangkan petal yang adaksial lepas, stamen umumnya 5, yg kosong berhadapan menggunakan petal yg tanggal atau kadang-kadang berbentuk staminodium kecil, sporadis 6 stamen fertile; filament lepas; ginaesium 3 karpel, membentuk ovarium yang inferus, tiga ruang, ovula poly tiap ruang dengan plasenta aksilaris, stilus 1, cacat 3 lobus. Buah berdaging dengan esokarp yg mudah tanggal; biji menggunakan testa yg keras, menggunakan endosperm serta perisperm yang beramilum(Dasuki; 1991).

Allah berfirman pada QS. Al-Waqiah ayat 29 yang berbunyi:

وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)”

Ayat di atas mengungkapkan mengenai keistimewaan butir pisang yang merupakan salahsatu butir spesialsurga . Begitu istimewanya butir pisang sehingga disejajarkan menggunakan butir nirwana lainnya yaitu kurma, delima, dan anggur. Al-Quran sudah menyebutkannya sebelum penelitian tentang khasiat buah pisang dilakukan (Herdiansyah; 2007).

Keistimewaan butir pisang yang ada pada surgatersebut belum tentu sama dengan buah-buahan yang ada pada dunia. Namun liputan Al-Qur’an mengenai butir-buahan spesialsurgatersebut mengingatkan kita pada janji Allah tentang surga& segala kenikmatannya. Jadi, marilah kita bergegas mengonsumsi butir nirwana yang satu ini(Herdiansyah; 2007).

Bagi wargaIndonesia, mengonsumsi apel atau strawbery terkesan lebih bergengsi dibanding mengonsumsi pisang. Berbeda menggunakan masyarakat negara Barat yang lebih menentukan mengonsumsi pisang yang memiliki banyak khasiat daripada apel maupun strawbery. Adapun beberapa khasiat buah pisang pada antaranya yaitu (Herdiansyah; 2007):Mencegah gangguan jantung & pembuluh darahMengobati gangguan pencernaanMengobati hipokalimeaMenurunkan kadar gula darahMengurangi mualMencegah depresi & mengobati sulit tidur

Khasiat pisang sebenarnya nir hanya sebatas asal kalori bagi tubuh, khasiat pisang mampu kita manfaatkan dari mengobati luka bakar hingga menormalkan detak jantung. Berikut kandungan zat-zat gizi yang masih ada dalam 100gr butir pisang (Herdiansyah; 2007):1.dua gm protein0.tiga gm lemak17 mg kalsium78 mg karotin88 mg kalium27.2 gm karbohidrat0.4 gm fiber116 kcal tenaga

Pisang adalah salahsatu flora yg kaya akan manfaat bagi manusia & makhluk hayati lainnya, dengan keistimewaan yg dimilikinya sebagai akibatnya dapat disimpulkan layak dimasukan menjadi salahsatu flora yg suci misalnya disebutkan pada kandungan Al-Qur’an surat Al-Waqiah 29. Keistimewaan serta manfaat yang dimiliki sang tumbuhan pisang antara lain :Buah pisang yang merupakan salahsatu butir spesialsurga . Begitu istimewanya buah pisang sebagai akibatnya disejajarkan menggunakan butir surgalainnya yaitu kurma, delima, & anggur.Keistimewaan buah pisang yang ada di surgatadi belum tentu sama dengan buah-buahan yang ada pada dunia.Adapun beberapa khasiat butir pisang pada antaranya: mencegah gangguan jantung dan pembuluh darah, mengobati gangguan pencernaan.mengobati hipokalimea, menurunkan kadar gula darah, mengurangi mual, mencegah depresi dan mengobati insomnia.

Sebaiknya menjadi makhluk yg sempurna dan mampu berfikir, kita dianjurkan buat selalu bersyukur akan segala sesuatu yg telah diciptakan oleh Allah SWT. Lantaran setiap yg diciptakan pada dunia ini tidak ada yg sia-sia, namun memiliki manfaat dan faedah yg tersembunyi sebagai akibatnya kita sebagai makhluk Allah diharapkan selalu berusaha mengungkap rahasia-misteri akan kreasi Allah SWT.

Al-Aalyy . 2005. Al-Qur’an Dan Terjemahanya. Bandung: CV. Diponegoro

Dasuki, Undang Ahmad. 1991. Sistemati Tumbuhan Tinggi. Bandung: ITB

Herdiansyah, Heri. 2007. The Miracle: mengungkap Rahasia Makanan dan Minuman Berkhasiat dalam Al-Quran. Jakarta: Zikrul Hakim

Suyanti dan Ahmad Supriyadi. 2008. Pisang, Budidaya, Pengolahan & Prospek Dasar. Depok: Penebar Swadaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *