Manfaat Pisang: Sehatkan Jantung Hingga Memperbaiki Suasana Hati

tirto.id – Pisang adalah salahsatu jenis buah-buahan yg bisa dikonsumsi dengan banyak sekali cara. Mulai dikonsumsi secara pribadi, diolah dengan digoreng, dijadikan kolak atau bahkan dijadikan toping bagi kuliner lain seperti pancake atau oatmeal.

Buah pisang yang mempunyai rasa cantik mengandung banyak manfaat yang berguna bagi tubuh kita. Memilih mengonsumsi jenis pisang yang telah matang sebagai pilihan yang baik.

Pisang yg matang menggunakan kondisi kulit yg masih berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning, akan gampang dicerna, & gula buah diubah sebagai glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke pada sirkulasi darah, ad interim pisang yg mentah akan sulit dicerna.

Adapun kandungan nutrisi yang masih ada pada pisang ukuran sedang menurut Medical News Today mulai berdasarkan energi (kalori), karbohidrat, serat, protein, magnesium, fosfor, kalium, selenium, kolin, vitamin C, folat, beta karoten, dan alpha karoten.

Banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam butir pisang sekaligus memberi manfaat bagi kesehatan tubuh kita mulai dari kesehatan pencernaan, sampai sanggup dijadikan metode penurunan berat badan. Manfaat lain yg bisa didapat menurut rutin mengonsumsi pisang berdasarkan Healthline yaitu,

Buah pisang dapat menjaga kadar gula darah pada tubuh kita. Kandungan yg bekerja untuk menjaga kadar gula darah yang terdapat pada pisang yaitu serat pektin dan pati resisten yang dapat memoderasi & menjaga kadar gula darah.

Sebab selesainya kita mengonsumsinya mampu mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung Anda.

Namun, bagi penderita diabetes tipe 2 harus mengurangi mengonsumsi buah pisang lantaran buah pisang yang matang mempunyai nilai GI yang tinggi lebih kurang 60 dan justru akan menaikkan gula darah.

Kalium yg masih ada dalam pisang merupakan jenis mineral yg sangat penting buat kesehatan jantung terutama buat mengontrol tekanan darah.

Mengonsumsi kuliner yg tinggi serat sejatinya memilihi manfaat yang baik buat jantung. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari ke 2 penyakit kardiovaskular (CVD) & penyakit jantung koroner (PJK).

tiga. Meningkatkan sensitivitas insulin

Jenis pisang yang bisa menaikkan sensitivitas insulin merupakan jenis pisang mentah. Pisang mentah adalah sumber pati resisten yang baik. Karena itu, mereka bisa membantu menaikkan sensitivitas insulin.

Beberapa penelitian membentuk bahwa 15-30 gram pati resisten per hari yang dapat mempertinggi sensitivitas insulin hingga 33-50 % hanya dalam saat empat minggu.

4. Meningkatkan kesehatan ginjal

Kalium sangat krusial untuk kontrol tekanan darah & fungsi ginjal supaya permanen dalam kondisi sehat. Pisang diyakini sebagai asal kuliner yg memiliki kandungan kalium yg baik.

Salah satu studi yang dilakukan terhadap wanita menghasilkan bahwa mereka yang mengonsumsi pisang 2–3 kali per minggu akan membuat seorang mempunyai risiko terkena penyakit ginjal.

Studi lain mencatat bahwa mereka yang makan pisang 4-6 kali seminggu hampir 50 persen lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit ginjal daripada mereka yg tidak memakan buah pisang.

lima. Memiliki manfaat buat olahraga

Buah pisang seringkali kali kita lihat sebagai kuliner yg dikonsumsi bagi para atlet. Hal itu dikarenakan mengonsumsi pisang dapat mengembalikan tenaga yg diperlukan karena penyerapan serat yang cepat oleh tubuh. Selain itu, mengonsumsi pisang bisa membantu mengurangi kram & nyeri otot.

6. Memperbaiki suasana hati dan membuat nyaman

Pisang mempunyai kandungan triptofan tinggi yang akan diubah tubuh menjadi serotonin ke otak dan bisa mempertinggi suasana hati. Triptofan ini jua merangsang seorang buat dapat tertidur.

Selain itu, pisang memiliki pati resisten & pektin yang bila dikonsumsi dapat memberi efek pengurangan nafsu makan & menaikkan rasa kenyang dan nyaman selesainya mengonsumsinya.

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum

Penulis: Cornelia Agata Wiji SetianingrumEditor: Nur Hidayah Perwitasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *