Informasi Kandungan Nutrisi Zat Kimia Dalam Butir Pisang Dan Manfaat Kesehatan Makan Buah Pisang

Terasa manis, kaya akan gula alami dan rendah lemak, ahli kesehatan menyatakan bahwa buah pisang sangat disarankan untuk dikonsumsi sang penderita diabetes. Hampir satu juta wargaAustralia didiagnosa menderita penyakit diabetes. Selain itu, satu menurut empat orang dewasa di Australia jua diduga memiliki gangguan metabolisme gula darah.

Berdasarkan Accredited Nutritionist Glenn Cardwell di Asutralia :

“Buah pisang sangat baik bagi orang-orang dengan penyakit diabetes dan sangat baik buat kesehatan pada umumnya. Buah yang satu ini acapkali terjebak pada kesalahpahaman umum yang menyatakan bahwa jika cita rasanya lezatmaka hal itu tidak baik buat kesehatan. Hingga waktu ini hal itu masih menarik perhatian saya bahwa sebagian orang berpikir makan butir pisang berpotensi menaikkan kadar gula darah. Tapi hal itu nir terjadi,” istilah Cardwell.

Cardwell merekomendasikan buat menjaga kadar gula darah pada level yang sehat sangat diperlukan makan makanan yang mudah dicerna.

“Sangat krusial buat memakan makanan yg gampang dicerna (misalnya pisang) buat menghindari lonjakan kadar gula darah. Makanan yang punya pengaruh paling rendah dalam peningkatan kadar gula darah dianggap Low Glycemic Index Foods atau jua dikenal menggunakan sebutan GI rendah. Banyak makanan yang termasuk GI rendah seperti gandum, kacang-kacangan, susu, & kacang. Pisang pula termasuk makanan menggunakan GI rendah meskipun rasanya anggun,” ujar Cardwell.

Diabetes Australia, pada seremoni National Diabetes Week 8-14 Juli 2007 silam, jua mendukung gerakan tadi dengan menyatakan di website mereka “Makanan berkarbohidrat adalah asal energi terbaik buat tubuh Anda” & butir pisang termasuk dalam daftar kuliner dengan GI rendah.

Kandungan gula yang terdapat di pada butir pisang sebagai sumber tenaga alami buat kerja otot & otak. Itulah sebabnya kenapa buah pisang sangat terkenal pada tengah atlet & pekerja kantoran yg membutuhkan tenaga di pagi hari.

“Ada beberapa kebingungan dengan orang-orang yang berpikir bahwa mereka akan menerima gula yg tinggi menurut buah. GI homogen-rata berdasarkan buah pisang hanya 52 poin (diklasifikasikan menjadi GI rendah), membuat buah yg satu ini sebagai pilihan bagi penderita diabetes. Buah pisang juga dicerna secara perlahan, itulah sebabnya buah yg satu ini sangat mengenyangkan,” kata Cardwell.

Selain itu, buah pisang juga termasuk buah yg bebas lemak, sumber vitamin B6, folat, potasium, dan serat. Oleh sebab itulah mengapa buah pisang sangat disarankan buat dikonsumsi dalam upaya meraih kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *