Harga Bibit Koi Lokal

Ikan hias koi merupakan jenis ikan hias yang masuk ke dalam ikan dengan kisaran harga yang paling mahal dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya, juga ikan koi ini sangat banyak digandrungi oleh banyak orang saat ini.

 Ikan koi berasal dari keluarga ‘Carp’ atau dalam istilah bahasa Indonesia disebut gurame. Di Jepang juga dikenal sebagai Nishikigoi, atau dalam bahasa Jepang berarti “Permata kehidupan” atau “brokat” (goresan). Hingga saat ini di Jepang masih sangat banyak dan sangat mudah ditemukan para penghobi koi dan tentunya telah menjadi negara nomor satu penghasil ikan koi negara kualitas terbaik di dunia.

Ikan koi ini merupakan jenis ikan hias yang sangat menarik karena memiliki warna tubuh yang cukup bagus dan tampilan yang jernih. Usaha budidaya ikan ini sangat mudah karena perawatannya yang sederhana dan mudah. 

Modal kerja untuk memulai bisnis ini juga tidak mahal, dengan modal yang cukup sesuai budget Anda, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Karena memang Harga Koi untuk saat ini masih terbilang cukup stabil dan ada beberapa jenis yang masih terbilang mahal,untuk beberapa jenis tertentu.

 

Sedangkan bagi masyarakat di China, mereka percaya bahwa ikan koi adalah simbol kekuatan dan juga telah menjadi legenda dari negara tirani, yang percaya bahwa jenis ikan koi ini dapat berenang melalui air terjun di sungai kuning di China.

Jenis ikan koi ini diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1960-an ketika Presiden Soekarno menjalin hubungan persahabatan dengan pemimpin Cina.

Saat itu para bangsawan dari negeri tirai bambu China sedang berkunjung ke Indonesia, kemudian beberapa pemimpin dari China memberikan Bung Karno hadiah menarik berupa sepasang ikan koi.

Dari situ terungkap bahwa beberapa asal usul ikan koi bisa menyebar ke Indonesia, setelah itu kita akan membahas cara budidaya ikan koi yang benar.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba memelihara ikan koi, namun belum memiliki pengetahuan lebih tentang jenis ikan ini, jangan khawatir, karena memelihara ikan koi sebenarnya tidak terlalu sulit.

Kali ini sebelum kita membahas tentang pemilihan makanan dan juga jenis kolam untuk ikan koi, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara memanfaatkan ikan koi sebagai ikan hias tentunya dengan kualitas yang unggul langsung saja simak ulasan kami dibawah ini :

kali ini kami akan mencoba menjelaskan perbedaan antara ikan koi lokal dan ikan koi impor

1. Perbedaan harga ikan koi

Misalnya ikan koi yang didatangkan dari Jepang maka harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan koi kualitas lokal, dan fenomena ini bukanlah hal baru lagi, hal seperti ini bisa terjadi karena biaya produksi dan distribusi ikan koi impor lebih mahal di dibandingkan dengan breed lokal, termasuk beban hidup yak dari pajak impor ikan koi yang mendorong harga naik.

 

2. Warna Ikan Koi

Ketika ikan koi memiliki ukuran minimal kurang dari 50 cm, maka ada perbedaan warna antara koi lokal dan koi impor, perbedaannya cukup mendasar jika jenis ikan koi lokal tidak memiliki warna yang mencolok seperti itu, sementara mereka memiliki warna dan kontras yang berbeda untuk spesies koi impor, sama kuat dan tajamnya.

Namun jenis koi impor ini tidak selalu berkinerja baik dibandingkan dengan jenis koi lokal, bahkan tidak jarang ikan koi lokal mendapatkan performa yang lebih menarik dari pada ikan koi impor, namun ketika ukuran ikan koi ini melebihi 50 cm maka akan sangat-sangat terlihat perbedaan dan juga kombinasi kualitas dari kedua jenis ikan tersebut, warna ikan koi akan memudar terutama menjadi putih, sedangkan ikan koi akan tetap ada.

 

3. Perbedaan Mata Ikan Koi

Jenis ikan koi impor ini dominan dengan kelopak mata yang jauh lebih besar dan tampak menonjol dari kepala, sedangkan kelopak mata untuk ikan koi lokal memiliki mata yang menembus pupil seperti ikan hias lainnya.

4. Perbedaan Bentuk Tubuh Ikan Koi

Ikan koi lokal ini memiliki bentuk tubuh yang agak membulat, perut koi lokal juga sedikit menonjol dengan ukuran ekor yang lebih pendek. Berbeda dengan koi impor, koi impor ini tampak memanjang dari badan hingga ke ekor.

5. Ciri-ciri kedua jenis ikan koi

Kedua jenis koi impor dan lokal ini dapat dibedakan dengan cermat dan sangat berbeda dengan koi impor. Ikan koi impor lebih mudah ditangkap daripada ikan koi lokal.

Berikut ini adalah daftar jenis ikan Koi yang banyak diminati di Kota Malang

Ikan Koi Kohaku

Ikan koi jenis Kohaku merupakan jenis ikan koi yang paling tua dibandingkan dengan jenis ikan koi lainnya. Kohaku jenis ini biasanya memiliki warna dasar putih dengan beberapa pola dasar merah di atasnya. Sebagian besar kohaku jenis ini memiliki pola dasar putih dengan rona merah menyala, selain kualitas terbaik di kelasnya.

 

Ikan Sanke Koi

Ikan koi jenis sanke ini merupakan varian dari koi yang sama-sama memiliki warna dasar putih pekat, dan juga sekilas, ikan koi sanke ini hampir menyerupai jenis koi kohaku. Perbedaannya terletak pada corak warna merah yang dipadukan dengan balutan hitam pekat. Jenis Taisho Sanke ini lebih sering disebut sanke agar para peminat mancing bisa dengan mudah mengucapkannya.

Koi Tancho

Memancing ikan koi dengan jenis tancho ini merupakan salah satu jenis ikan koi yang dibanggakan sebagian besar penduduk jepang, karena ikan koi tancho ini identik dengan bendera jepang.

Ciri-ciri ikan koi tancho yang bisa anda temukan pada bagian kepalanya yaitu adanya pola warna merah atau titik/mirip dengan gambar bendera jepang yang tidak terjadi pada jenis koi lainnya.

ikan koi asagi

Ikan koi Asagi adalah jenis ikan koi asli Jepang dengan corak biru pada bagian belakang tubuh dan kombinasi warna merah-oranye muda pada bagian perut dan sirip. Memang jenis ikan koi asagi ini merupakan salah satu ikan koi kategori terbaik di spesies sejenis nya, terlebih lagi jenis ikan koi asagi ini merupakan ikan koi dengan warna dominan merah dan corak yang menyala dan warna merah ini mengetuk di atas sideline, kemudian pola merah, juga tidak lagi tumbuh seiring bertambahnya usia koi.

Ikan Koi Shusui

Jenis ikan koi shusui merupakan jenis ikan koi yang masih merupakan keturunan dari jenis Asagi yang tentunya dapat dibedakan dari sedikit perbedaan yang ada, dari jenis tersebut terdapat berbagai perbedaan yang dapat dilihat dari bentuk dan warna ikan sisik. Sisik dengan sebutan punggung ini membedakan warna dari jaring biru pada koi Asagi. Sebagian besar jenis ikan koi shusui cenderung memiliki garis keturunan asagi, jadi Anda harus sangat berhati-hati agar tidak salah memilih jenis Asagi dan shusui.